Translate


Saat menyambut pergantian tahun baru 2013, para pengunjung Pantai Kuta diperbolehkan untuk menyalakan petasan maupun kembang api.

"Untuk merayakan malam pergantian tahun kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan tahun ini para pengunjung di pantai kuta diperbolehkan bermain mercon ataupun kembang api ," ujar Ketua Satgas Pantai Kuta I Gusti Ngurah Tresna, ketika ditemui di kantor Satgas Pantai Kuta, Rabu (26/12/2012).

Meski begitu, menurut Ngurah Tresna setiap wisatawan tidak diijinkan menyulut mercon dan kembang api di hotel dan sekitarnya serta wilayah permukiman. Hal itu di larang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena bermain benda berbahaya seperti mercon dan kembang api bisa berdampak buruk.


"Kalau di hotel dan pemukiman tidak diperbolehkan karena bisa berbahaya," tegas Ngurah Tresna.  

Ngurah Tresna menuturkan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, akibat bermain mercon ada salah satu sarana akomodasi wisata yang terbakar karena atapnya terkena percikan api dari benda membahayakan tersebut.

"Kami tidak mungkin melarang pengunjung pantai Kuta untuk merayakan pergantian tahun dengan bermain kembang api atau mercon. Karena hal itu sudah menjadi ikon di seluruh penjuru dunia untuk menyamput malam pergantian tahun," jelasnya.

Walau diperbolehkan untuk menyalakan petasan maupun kembang api di Pantai Kuta, namun Ngurah Tresna mengaku para pedagang tidak diperbolehkan menjual mercon dan kembang api di sekitar pantai Kuta. Karena bila ada yang ketahuan melanggarlarangan itu maka akan ditindak secara tegas. 

Related Post :