Translate


Sedikitnya 16 sindikat pelaku penipuan lewat Call Center yang seluruhnya warga Taiwan, dibekuk tim gabungan cyber crime Mabes Polri, Dit. Reskrimsus dan Jatanras Krimum Polda Bali.

Mereka ditangkap ditempat persembunyian di sebuah rumah di Komplek Taman Mumbul Jalan Sekar Jepun nomor 98, Kuta Selatan, pada Rabu (19/12/2012).

“Mereka terlibat kejahatan transnasional. Dalam pengerebekan itu kita temukan banyak peralatan kejahatan yang digunakan untuk call center,” ujar seorang sumber petugas Polda Bali, pada Kamis (20/12/2012).



Dari pengerebekan rumah kontrakan itu, petugas mengamankan  16 pelaku asal Taiwan, dimana  enam orang merupakan wanita.

Para sindikat ini diduga telah melakukan kejahatan penipuan bermodus call center. Di mana, mereka mencari lokasi yang sinyal internetnya bagus, salah satunya di Bali. Para pelaku menggunakan modus penipuan melalui via internet dan HQ.

Belasan sindikat kejahatan international itu ditangkap berdasar koordinasi pihak Mabes Polri yang diteruskan kepada jajaran Polda Bali. Dari koordinasi itu terungkap bahwa di wilayah Polda Bali ada pelaku kejahatan transnasional yang sedang bersembunyi.

Tim gabungan kemudian bergerak ke sebuah rumah di Komplek Taman Mumbul Jalan Sekar Jepun nomor 98, Kuta Selatan. Dari penggerebekan sekitar pukul 20.00 itu, petugas mendapati 16 warga asing.

Sumber mengatakan, rumah yang ditempati kawanan sindikat ini sudah didesain sedemikian rupa. Beberapa ruangan sudah disulap dengan alat peredam suara atau kedap suara. Tak hanya itu, petugas juga menemukan sekitar sepuluh sambungan telpon di ruangan tersebut. Ada dugaan para sindikat ini sudah lama tinggal di Perumahan Taman Mumbul Nusa Dua.

Selain di Bali, tim gabungan mabes Polri juga menggerebek rumah di Surabaya dan Medan. Penggerebekan ini dilakukan serempak, yang sebelumnya diawali dari Jakarta.

Menanggapi akan hal ini, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Drs. Hariadi belum memberikan komentar terkait penangkapan sindikat warga Taiwan.

“Nanti saya koordinasi dengan reskrimum,” tegasnya, pada Kamis (20/12). (spy)  
  Nama Sindikat Call Center yang ditangkap :

1.Lin Jou Chun.
2.Wei Shen Kuo.
3.Chiang Sih Chieh.
4.Chen Yu Tzu.  
5.Llin Chun Ming.
6.Chang Hui Jui.  
7.Chang Yaling.  
8.Lin Cheng Ting.
9.Chen Yong Sin.
10.Un Pei Cheng.
11.Hsiao Hui Lun.
12.Huang Xiang In.  
13.Hsu Mao Hua.
14.Song Cen Hen.  
15.Cheng Chun Wei.
16.Shin Chia Hao.

Related Post :