Translate


Tahun 2013 diperkirakan Pelabuhan Benoa Denpasar bakal disinggahi sekira 40 ribu wisatawan asing yang menggunakan kapal cruise saat berlibur ke Pulau Bali.

Genaral Manager Pelindo III Denpasar Iwan Sabatini mengungkapkan, berdasar data yang masuk, tahun depan akan ada 40 kapal cruise yang akan berlayar ke Bali baik singgah di Pelabuhan Benoa maupun Tanah Ampo Kabupaten Karangasem.

"Namum perkembangan terakhir yang kami dapatkan dua kapal cruise batal ke Bali lantaran satu kapal telah berpindah pemilik, sedang satu kapal lainnya mengalami insiden kebakaran," ujar Iwan di Denpasar, 
Semua kapal mewah yang mengangkut ribuan wisatawan asing itu, bertolak dari beberapa negara seperti Australia, Singapura dan beberapa negara Eropa dan Amerika.



Dibanding tahun 2012, jumlah cruise tahun depan mengalami peningkatan. Tahun ini tercatat ada 36 cruise yang dijadwalkan sampai bulan Desember.
 
Guna mempersiapkan kedatangan wisatawan cruise mendatang, otoritas pelabuhan yang memberikan jasa pelayanan dermaga telah melakukan berbagai pembenahan seperti penambahan fasilitas penumpang saat sandar hingga sistem pengamanan.

"Kami telah bekerjasama menjalin sinergitas dengan instansi terkait pelayanan penumpang kapal cruise mulai bea cukai, imigrasi dan karantina.

Iwan menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan pembenahan sistem pelayanan dan fasilitas dermaga yang ada guna mendukung wisata cruise. Terlebih Pelabuhan Benoa telah ditetapkan sebgai salah satu tujuan wisata cruise dunia.

Dia mencontohkan, telah dilakukan pelebaran dan pemotongan karang untuk memperpanjang aral alur kapal cruise yang akan bersandar. Untuk dermaga panjangnya diharapkan bisa diperpanjang dari saat ini mampu menampung kapal cruise 295 meter akan ditingkatkan lagi menjadi 340 meter. 

Related Post :