Translate


Rumput selama ini identik dengan makanan sapi atau kambing. Rumput juga biasanya hanya menjadi pelengkap hiasan taman sehingga terlihat lebih hijau. Namun di Legian Beach Hotel Kuta, rumput diolah menjadi minuman spesial bagi wisatawan. Rumput diolah menjadi minuman yang disebut dengan jus rumput.

Rumput yang dipakai adalah jenis 'Lemon Grass' atau dalam keseharian sering disebut sebagai serai.

“Karena bahan dasarnya rumput, tapi rumputnya lemon grass, jadi lemon gras merupakan keluarga rumput. Karena warnanya hijau, kita namakan jus rumput,” kata Arif Billah, General Manager Legian Beach Hotel Kuta saat ditemui beritabali.com di Kuta, Sabtu (4/8/2012).

Menurut Arif, istilah jus rumput berawal dari seorang wisatawan yang mengamati rumput hotel yang selalu tertata rapi dan hijau. Kerena penasaran wisatawan tersebut menggali informasi tentang pengelolaan rumput hotel.

“Tamunya bertanya habis dipotong dibawa kemana rumputnya itu? Kita bilang kita buat jus, sejak itu jadi cerita dan akhirnya dikenal istilah jus rumput,” paparnya.

Selain serai, bahan dasar dari jus rumput adalah sayuran sawi hijau, jeruk nipis dan jahe. Dengan ditambahkan air atau es, bahan-bahan tersebut akhirnya dijus untuk menghasilkan jus rumput. Kini jus rumput menjadi salah satu minuman yang paling diminati wisatawan. Apalagi harganya sangat terjangkau hanya Rp. 30.000 pergelasnya.

Arif mengungkapkan, jus rumput diminati oleh wisatawan karena tidak hanya sebagai minuman pelepas dahaga, tetapi juga minuman yang menyehatkan. Jus rumput selain mengandung vitamin, terutama vitamin A, juga mengandung serat yang cukup tinggi. Hal tersebut yang menyebabkan jus rumput sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil dan air besar.

“Kalau ada tamu yang mengatakan susah buang air kecil atau air besar, kita suruh minum, bila perlu tiap hari , nanti tiga sampai empat hari pasti dia bilang sudah enak,” ujar Arif Billah.

Selain manfaat dalam masakan, serai juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai pengusir nyamuk, penyembuh infeksi lambung usus, menurunkan panas, karena serai mengandung anti mikroba dan anti bakteri. Seperti jahe, sereh juga berfungsi untuk menghangatkan bada
n. 

Related Post :