Translate




Berbicara mengenai Bali, tak pernah lepas dari keunikan budayanya. Masyarakat dan pikiran orang Bali sangat terpengaruh oleh budaya yang masih kuat dipertahankan hingga kini.

Ketika bicara mengenai budaya Bali (adat istiadat), maka budaya ini tidak akan bisa dipisahkan dari Agama Hindu. Jika dicermati, keduanya bercampur dan membentuk keunikan budaya Bali yang unik itu.

Agama Hindu di Bali sangat berbeda dengan agama Hindu di India. Agama Hindu di Bali diserap ke dalam budaya masyarakat Bali hingga out-putnya jadi sangat berbeda dengan agama Hindu di India. Sebagai contoh : konsep sarana persembahyangan dalam agama Hindu yang terdiri dari : air, api, bunga, buah, daun menjadi beragam bentuknya di dalam beragam upacara keagamaan. Hingga, sangat sulit dipisahkan, mana agama dan adat istiadat.

Dalam kehidupan modern, ada beberapa tradisi yang disederhanakan setelah ditinjau dari berbagai dasar filsafat dalam agama Hindu. Namun, berbagai tradisi tetap dipertahankan seperti aslinya seperti di daerah-daerah Bali Tengah dan Bali Selatan.

Budaya masyarakat agraris yang kini telah menjadi masyarakat modern dalam berbagai bentuk, kadang-kadang menjadi dilema sendiri bagi individu yang menjalaninya. Seperti : kewajiban ngayah di banjar yang berbenturan dengan jam kerja para anggota banjar. Namun fenomena ini tidak melunturkan keinginan masyarakat Bali untuk meneruskan tradisi leluhurnya. Semuanya bisa dikompromikan dengan berbagai cara, mengambil konsep harmonisasi yang menjadi dasar filosofis cara berpikir masyarakat Bali.

Bali memang unik dan khas. Semoga saja tradisi yang sudah mendarah daging ini masih bisa dipertahankan dalam jangka waktu lama dan tidak punah dalam gerusan jaman.

Related Post :